Narasi Global Umat – Part 9

Bisnis KetakutanThe-Expendables-3

Yang paling mengerikan dari Trans National Corporation adalah arm industry atau industri senjata. Lockhead Martin (US), Boeing (US) dan BAE System (UK) adalah diantara yang terbesar. Pasar industri senjata adalah perang, konflik ataupun negara yang sedang ketakutan. Maka mari kita gunakan akal sehat kita. Apakah mungkin perusahaanperusahaan senjata besar dunia bisa bertahan jika dunia ini pernuh perdamaian, minim konflik dan peperangan?

Saya mengakui tidak selalu mudah melacak keterlibatan perusahaan senjata dalam sebuah konflik dan peperangan. Tapi para jurnalis terbaik mulai bisa mengurainya. Tidak sedikit hari ini analisis yang mengungkap sistem kerja mereka. Seperti USATODAY yang melaporkan keterlibatan mendalam perusahaan-perusahaan senjata Amerika dalam konflik di timur tengah.

Negara yang sedang berperang atau berada dalam ketakutan terhadap ancaman teroris akan membeli dengan harga berapapun harga keamanan mereka, termasuk persedian senjata.

Di Amerika sendiri aturan kepemilikan senjata terlalu sulit untuk digoyang. Karena jaringan mereka menguasai negara. Bisnis adalah dunia sendiri yang tidak menurut kepada negara, namun dalam banyak situasi justru negara yang tunduk pada kepentingan bisnis.

Lobi TNC memasuki parlemen, mendikte presiden, atau mensetting beberapa fenomena global. Maka TNC adalah salah satu prioritas gerakan Islam bukan sekedar sebagai supporting sistem penguasaan negara, tapi sebagai core struggle selain perjuangan politik.

Private Military Company atau perusahaan militer swasta adalah unsur kekuatan lain hari ini yang sangat mempengaruhi percaturan antar bangsa. Perangkat yang mereka miliki mulai dari petugas lapangan yaitu para tentara yang siap bertempur dengan senjata tercanggih hingga tim berdasi di kantor yaitu jaringan intelijen berbekal big data yang dengan mudah dibeli dari perusahaan-perusahaan dunia maya.

Penggunaan tentara bayaran secara hukum dilarang melalui United Nation Mercenary Convention, walaupun sistem kerja mereka jelas tersembunyi dari pengawasan PBB. Apalagi, US, UK, Rusia, Cina sama sekali tidak mau menandatangai convention tersebut.

Private Military Company juga menjadi bodyguard bagi perusahaan-perusahaan besar atau para politisi dan pemimpin negara.

Private Military Company mempunyai kemampuan untuk mensetting perang antar negara, minimal konflik horizontal di sebuah negara.

Maka inilah diantara tantangan lain dakwah, atau domain penting yang perlu dikuasai. Yaitu dunia militer, yang hal itu tidak tiba-tiba dimiliki pergerakan Islam jika mereka menguasai negara. Militer, seperti halnya bisnis, adalah dunia lain yang terpisah dengan politik. Kasus Mesir dan usaha kudeta AKP di Turki yang berkalikali membuktikan hal ini.

Bankers juga kekuatan super besar yang mungkin melebihi TNC dan Private Military Company. Sejarah hegemoni mereka sangat penjang sejak pertama kali uang kertas tercipta. Maka sekaya apapun seseorang dengan perusahaan dan ekonomi real, para bankir akan tetap jauh lebih kaya, karena semua aktivitas ekonomi menggunakan sistem yang sudah mereka buat. Kisah Rostchild menguasai ekonomi Inggeris saat perang Waterloo dengan Napoleon cukup terkenal dan menunjukan bahwa ekonomi sebuah negara imperium besar, selama berabad-abad dibawah kaki para bangkir.

Dalam literatur pergerakan Islam, tidak akan kita temui perjuangan mengisi bidang ini. Justru yang ada adalah resistensi normative dalam bab riba. Faktanya dunia perbankan mencengkeram aktivitas ekonomi seluruh umat manusia.

Inilah tantangan ketiga pergerakan Islam untuk merumuskan grand strategy untuk menguasai perbankan dunia dengan semangat perbaikan, bukan mengutuknya dari luar. Pandangan yang terlalu fokus pada penguasaan negara bangsa memerlukan evaluasi dan kajian mendalam. Karena aktor-aktor global yang disebut diatas adalah competitor baru negara yang diakui para pakar sangat signifikan mereduksi kekuasaan negara. Apalagi jika kekuatan mereka bersatu untuk sebuah proyek besar. Inilah yang disebut jaringan strategis.

Jaringan strategis bisa jadi memperjuangkan ideology zionis, lalu perusahaan internasional seluruh dunia bersama membawa isu ini, media memblow-up nya, industri mendanainya, militer menyuplai tentara dan perusahaan senjata melengkapi para tentara dengan amunisi tanpa batas.

Jaringan strategis TNC, Private military company dan bankers yang satu visi bisa mengalahkan negara-negara besar, apalagi yang kecil. Maka inilah trend baru dunia yang perlu dijadikan pertimbangan pergerakan Islam saat merumuskan narasi besarnya hari ini. Hal ini tidak berarti narasi besar Hasan al-Banna salah, dan dibuang, tapi ia memerlukan reassessment, atau pengkajian ulang, agar ide pembaharuan itu bisa diperbaharui.

Pembaharuan tidak selalu memulai dari yang baru, tapi memperbaiki yang lama, mengembangkannya, dan membuatnya lebih relevan.

Comments

comments